Rabu, 16 Januari 2013

CARA MEMBUAT PETA DIGITAL ADMINITRASI KABUPATEN BANTUL

Yang pertama kali adalah melakulan Registrasi

                Registrasi peta adalah awal dalam membuat peta digital, sebelum peta hasil scan  dapat di digitasi terlebih dahulu kita melakukan registrasi peta biasa disebut koreksi geometrik. Registrasi peta adalah untuk mendaftarkan koordinat peta hasil scan  atau image hasil citra satelit supaya sesuai dengan koordinat di muka bumi.
Langkah-langkah:

            Pada  Extensions, ceklist ekstensi JPEG (JFIF) Image Support dan Register and Transform Tool. Untuk membuat ekstensi berjalan pada saat ARCView Start-up ceklist make default kemudian klik OK





Double klik View, Klik menu View->Add Theme. Pada Data Source Types pilih Image Data Source. Pada Drives pilih d:\ klikpada peta.jpg.

Ceklist pada Peta.jpg pada jendela View untuk melihat petanya.Klik menu View->Register and Transform untuk memulai registrasi peta.

Pada menu Register and Transform, buat Source Point (minimal 4 titik ikat pada setiap pojok atau ujung peta_contoh) dengan cara klik toolbar 's' lalu arahkan pada titik peta_contoh yang akan di registrasi. Input Destination sesuai dengan titik koordinat pada peta_contoh.

Jika 4 titik ikat sudah diregistrasi, lihat pada RMS Error, semakin kecil nilai RMS Error maka hasil registrasi semakin baik. Ceklist Store Control Points dan klik Write World File, simpan file peta.jgw pada direktori yang sama D:\klik OK. Close atau Exit ARCView dan buka kembali, tambahkan theme (View->Add Theme) filepeta.jpg yang telah diregistrasi. Jika registrasi berhasil, maka koordinat yang telah di registrasikan sesuai atau sama dengan koordinat muka bumi dan peta siap untuk di digitasi.



Digitasi
Ada 3 konsep untuk digitasi peta pada ArcView GIS 3.3
yaitu :
  1. Polyline: digunakan untuk menentukan jalan - jalan di sebuah peta
  2. Polygon: berfungsi atau biasa digunakan untuk menentukan batas wilayah suatu daerah pada peta.
  3. Point: Point pada ArcView GIS 3.3 dipakai untuk menentukan suatu tempat, misalnya, Rumah Sakit, Restoran, Sekolah, gedung - gedung, Bioskop, Mall dll
     Berikut langkah - langkah lengkap cara digitasi dengan menggunakan Konsep Polyline, Polygon dan Point :
Extension
Sebelum melakukan langkah-langkah Digitasi Point kita menginputkan gambar peta terlebih dahulu :
 Menu  File
 Extensions (maka  akan  muncul  window  dialog Extensions)

kemudian  cari  ekstensi   JPEG  (JFIF)  Image  Support dan  Geoteknika  Indonesia
Menambah Theme Image :
 Menu View
Add theme 
 soure  type  adalah  Image  Data Source. Kemudian tekan OK.

Digitasi Point
-          Tambahkan Theme Baru
-          Menu View
-           New Theme
-          Pada New Theme window pilih Featuer Type adalah Point, Kemudian tekan OK.

-          Kemudian atur tempat file dan nama file.










-          Hasil dari Digitasi Point.

Digitasi Line
Langkah-langkah dalam pengerjaan Digitasi Line hamper sama seperti Digitasi Line untuk tahap Extension , hanya berbeda dalam penggunaan tools, yang mana menggunakan tools Line.
Kemudian Pilih Tool Draw untuk Line Draw, di bawah ini adalah hasil dari Digitasi Line:


Tabel
Tabel merupakan salah satu bagian ArcView yang keberadaanya tidak dapat dipisahkan dari View. Fungsi tabel pada ArcView sebagai sarana penyimpanan data-data atribut dari data spasial. Langkah- langkah :
Buka File -> New Project

Lalu click table. Untuk menambahkan table atau membuat table baru click new, dan tulis nama table yang diinginkan.
Buat field database kecamatan dan isikan segala info dalam database,












Chart
Chart atau grafik pada ArcView merupakan fasilitas yang digunakan untuk menyajikan data tabular dari atribut data-data spasial. Sebuah grafik dapat menampilkan semua record pada tabel atau sebagian record yang terpilih. Grafik akan mengikuti secara otomatis jika record yang terpilih berubah. ArcView dapat membuat bermacam-macam grafik yang menggambarkan data sesuai dengan aplikasi yang dikehendaki.
Langkah-langkah:
Buka tabel kemudian pilih record-record yang akan kita buat chart-nya. Jika record-nya tidak dipilih maka chart akan menampilkan semua record yang ada pada tabel
Klik ikon   pada tampilan tabel tersebut sehingga akan muncul kotak dialog Chart Properties






 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar